Tidak ada sub folder
  • SISTEM PEWARISAN DALAM KESENIAN DOMYAK DI DESA PASIRANGIN KABUPATEN PURWAKARTA
    Penelitian yang berjudul “Sistem Pewarisan Dalam Kesenian Domyak di Desa Pasirangin Kabupaten Purwakarta” ini membahas tentang sistem pewarisan sebagai upaya pewarisan dalam kesenian Domyak di Desa Pasirangin Kabupaten Purwakarta. Teori yang digunakan adalah teori Sistem Pewarisan Cavalli–Sforza yang menyatakan pewarisan terbagi atas 3 sistem yaitu pewarisan tegak (Vertical Transmission), Pewarisan ...
    06 Februari 2025 / R.RIDWANSYAH TAUFIK PAMUNGKAS /   
  • SISTEM PEWARISAN PERTUNJUKAN WAYANG GOLEK DALANG ASEP KUSNADI SAPAAT (DI KOTA BANJAR JAWA BARAT)
    Keinginan untuk dapat meniru sesuatu hal yang dianggap menarik merupakan hal yang wajar terjadi. Biasanya ketertarikan terhadap sesuatu dapat mendorong seseorang untuk mencari tahu bahkan mempelajarinya baik secara otodidak maupun belajar secara langsung kepada sesorang yang dipandang mumpuni atau ahli dalam hal tersebut. Seperti halnya ketika sesorang tertarik pada kepiawaian ...
    06 Februari 2025 / MUHAMMAD FACHRUROZI ADZIKRI /   
  • GAMBANG NGABANDANG HALEUANG
    Sajian karya berjudul “GAMBANG NGABANDANG HALEUANG” ini merupakan sajian garap waditra gambang dalam kesenian wayang golek. Fenomena yang diangkat penulis adalah kebiasaan penabuh gambang seperti Arief Nugraha Rawanda dan Ragyl Mutiara Rawanda, yang sering mendahului vokal atau dalam Bahasa Sunda disebut merean, pada saat vokal dan gamelan menggunakan laras yang ...
    06 Februari 2025 / RAMADHAN PURWA GUMILAR /   
  • RENGKAK TEPAK KENDANG
    Sajian berjudul “RENGKAK TEPAK KENDANG” merupakan sajian kendang dalam ketuk tilu, yang disajikan secara konvensional. Sajian kendang ketuk tilu ini mengadopsi atau menggunakan gaya Sumedang, yang di mana terdapat lagu-lagu yang berasal dari Sumedang, tepatnya wilayah Buahdua dan Situ raja. Selain itu di dalam sajian ini penyaji mengemas sajian dengan ...
    06 Februari 2025 / FERDI GUSTIANSYAH ANDREAS /   
  • SCHISM
    Skripsi yang berjudul “SCHISM” adalah sebuah komposisi musik ekperimental yang mengeksplorasi bunyi kebisingan dalam konteks pergeseran nilai budaya. Dengan melalui metode eksplorasi, evaluasi, dan komposisi dengan pendekatan bentuk musik noise dan teori fenomenologi. Komposisi ini menggabungkan elemen-elemen elektronik dan akustik untuk menciptakan atmosfer yang mendalam dan mendorong pendengar kedalam perjalanan ...
    06 Februari 2025 / FARHAN ABDUL NASIR /   
  • OET
    Skripsi dengan judul Oet ini merupakan karya musik yang gagasannya berasal dari sebuah fenomena yang terjadi di lingkungan alam, yaitu bunyi atau suara yang dihasilkan oleh serombongan hewan jenis serangga yang disebut tongeret yang biasa berbunyi dipepohonan. Sebuah dasar inspirasi terhadap karya musik yaitu fenomena noise yang akan dirancang melalui ...
    06 Februari 2025 / IRWAN KUSWENDI /   
  • TEPAK KENDANG RENGKAKNA WAYANG
    Skripsi yang berjudul “Tepak Kendang Rengkakna Wayang” adalah penyajian Kendang dalam Wayang Golek. Kata “Tepak” yaitu istilah kata yang digunakan dalam Karawitan Sunda khususnya pada waditra kendang, sedangkan “kendang” yaitu waditra berkulit, yang dimainkan dengan cara ditepuk menggunakan telapak tangan yang berfungsi sebagai pengatur irama lagu , dan “rengkak” memiliki arti ...
    06 Februari 2025 / MUHAMMAD WILDAN FIRDAUS /   
  • KREATIVITAS RUSDY OYAG DALAM MENGEMBANGKAN KENDANG SUNDA
    Penelitian yang berjudul “Kreativitas Rusdy Oyag Dalam Mengembangan Kendang Sunda” ini membahas bagaimana proses kreatif yang dilalui oleh Rusdy Oyag dalam mengembangkan kendang Sunda. Serta bagaimana wujud dari hasil kreasinya. Metode kualitatif dan pendekatan konsep teori 4 dimensi kreativitas yang ditawarkan oleh Rhodes yaitu person, press, process dan product, digunakan sebagai ...
    06 Februari 2025 / MUHAMAD RIFKI AFRILIANA /   
  • EKSISTENSI SENI PATINGTUNG DESA KEPUREN KECAMATAN WALANTAKA KOTA SERANG BANTEN
    Seni patingtung merupakan suatu kesenian yang memadukan dua unsur, yaitu musik dan tari. Gerak tari dalam patingtung merupakan gerakan-gerakan silat, karena pada dasarnya para pemain seni patingtung merupakan anggota dari perkumpulan pencak silat. Padepokan Pager Banten merupakan induk dari kesenian patingtung yang ada di Desa Kepuren, keberadaan seni patingtung di ...
    06 Februari 2025 / AHMED DEEDAT /   
  • HALEUANG NU JADI HAREPAN
    Skripsi ini berjudul “Haleuang Nu Jadi Harepan“. Dimana pada dasarnya haleuang berarti nyanyian dan harepan adalah harapan. Sehingga jika disatukan, judul tersebut memiliki arti “nyanyian yang menjadi harapan”. Judul tersebut dipilih karena selama penyaji mempelajari nyanyian atau lagu dalam sekar kepesindenan penyaji selalu memiliki harapan bahwa penyaji dapat menguasai materi ...
    06 Februari 2025 / VISCHA ROSMAWANDA /   
  • REBAB CELEMPUNGAN
    Minat utama alat gesek rebab yang disajikan dalam garap celempungan yang berjudul, “rebab celempungan”. Sajian karya seni ini memakai konsep garap celempungan yang disajikan secara konvensional atau sama dengan sajian celempungan pada umumnya. Pada sajian ini berfokus pada alat gesek rebab yang tidak terlepas dari aspek aspek yang meliputi fungsi ...
    06 Februari 2025 / IHSAN ABDUL AZIS /   
  • TINGCAL
    Skripsi ini berjudul “Tingcal” merupakan bentuk karya penciptaan aransemen yang mengangkat salah satu pola ritmis Patingtung dari kesenian Rampak Bedug di Kabupaten Pandeglang Banten. Pola Patingtung ini menjadi pola penciptaan karya yang diambil dalam tugas akhir ini dengan menggunakan alat musik Tilingtit. Alat musik Tilingtit ini merupakan alat musik yang ...
    06 Februari 2025 / ABDUROHMAN /   
  • KANAWANG
    Garap kendang dalam setiap penyajiannya memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan jenis penyajiannya. Pada aspek karawitan mandiri, kendang berfungsi sebagai anceran wirahma yang berperan untuk mengatur tempo dan irama. Sementara dalam jenis karawitan fungsional, penyajian kendang berfungsi untuk melayani kepentingan estetika seni lain. Oleh karena itu, garap kendang dalam wayang ...
    06 Februari 2025 / SENDI SUSENA /   
  • NGENDANG KILININGAN
    Penyajian karya seni berjudul “NGENDANG KILININGAN” merupakan sajian kendang dalam kiliningan. Konsep yang dusajikan pada Ngendang Kiliningan ini dibawakan secara konvensional dengan menggunakan konsep medley, yang artinya dalam setiap sajian repertoar lagu dari satu ke lagu berikutnya disajikan secara bersambung atau tidak putus-putus, dengan menambahkan gending jembatan setiap perpindahan lagu. ...
    06 Februari 2025 / ANDI KUSNADI /   
  • MAPAES SEKAR DINA KILININGAN
    Skripsi ini berjudul “Mapaes Sekar Dina Kiliningan “ Mapaes dalam bahasa Indonesia yaitu memperindah, sedangkan menurut KBBI memperindah adalah menjadikan sesuatu lebih indah, atau memperelok. Jika dilihat dari arti keseluruhan ‚Mapaes Sekar Dina Kiliningan‛ adalah memperindah lagu atau vokal dengan menggunakan ensambel Kiliningan, dengan tujuan penyaji dapat memperindah lagu yang disajikan ...
    05 September 2024 / NENCI LESTARI /   
  • PERKEMBANGAN KESENIAN WAYANG LANDUNG PANJALU DI DESA PANJALU KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS
    Wayang Landung Panjalu merupakan seni tradisional yang kaya akan nilai filosofis dan spiritual di Desa Panjalu, Kabupaten Ciamis. Penelitian ini membahas perkembangan filosofis dari Wayang Landung Panjalu, tipe bahan yang digunakan dalam pembuatan wayang, serta nilai-nilai spiritual yang terkandung di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan ...
    05 September 2024 / AHMAD FAUZI /   
  • HALEUANG PANGHAREPAN
    Karya yang berjudul "Haleuang Pangharepan" ini merupakan peng-implementasian dari pengalaman empiris penyaji ke dalam sajian vokal dalam kawih wanda anyar yang sajiannya memiliki makna yang saling berkaitan dengan tujuan penyaji. Sajian ini bertemakan perjuangan seseorang yang ingin mewujudkan impiannya yaitu menjadi seorang juru kawih yang bisa membawakan alunan lagu dengan ...
    05 September 2024 / EKA RAMADANTI /   
  • HALEUANG PANGGUAR ATI
    Penyajian ini mengangkat tema penyajian kawih Wanda Anyar yang berjudul "Haleuang Pangguar Ati" dengan fokus pada aspek vokal dan gending pengiringnya. Latar belakangnya bermula dari minat dan bakat penyaji dalam seni vokal tradisional sejak usia dini, yang kemudian berkembang pesat ketika belajar di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, khususnya ...
    05 September 2024 / Luthvia Nurayuni Hikmawan /   
  • NYORAKEUN WAYANG
    Skripsi ini membahas penyajian sekar dalang dalam Wayang Golek dengan judul “Nyorakeun Wayang”. Penulis tertarik pada seni pedalangan Wayang Golek Purwa khas Bogor dan ingin memperkenalkan ciri khas daerah tersebut. Fokus utama adalah pada pengembangan aspek antawacana dan amardawalagu dalam sajian tersebut. Penyajian amardawalagu dalam pertunjukan Wayang Golek melibatkan berbagai ...
    05 September 2024 / ADEN ABDULLOH /   
  • MUR JA
    Skripsi yang berjudul “Mur Ja” ini membahas tentang bentuk permainan tradisional ke dalam karya seni pertunjukan. Karya ini menggunakan metode pendekatan fenomenologi seni dan karya ini dibuat dengan berhaluan inovasi (kebaruan) dan berorientasi pada nilai estetis. Karya ini menggambarakan pengalaman empiris penata dalam bermain permainan tradisional, memberi kesadaran bahwa pentingnya ...
    05 September 2024 / SITI MARYAM PURWANTI /