VISUAL STATIS DAN DINAMIS PADA GAMBAR KARYA ANAK AUTISME

Artikel oleh Andi Suryadi, ISBI Bandung

Kata kunci: Wimba, Gambar Anak, Anak Autisme, Visual Statis, Visual Dinamis.

Sumber pengambilan dokumen: PASCA 2018 SUR

Relasi:

Dibuat: 25 Januari 2019

Abstraksi

Perkembangan anak merupakan masa yang sangat baik bagi perkembangan jasmani dan rohani. Ada sebagian kecil anak yang tidak normal atau sering disebut anak berkebutuhan khusus, seperti tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autisme dan sebagainya. Anak berkebutuhan khusus (ABK), khususnya bagi anak autisme, kreativitasnya dapat disalurkan melalui gambar-gambar, lukisan, musik, tari dan sebagainya. Gambar merupakan bahasa, anak autisme dapat berkomunikasi lewat gambar, mereka melakukannya secara alami dibandingkan dengan tulisan yang belum mereka kuasai. Objek yang digambar anak autisme adalah isi wimba yang mempunyai cara penggambaran dan tata ungkap yang menarik dalam setiap gambarnya. Gambar yang dibuat anak autisme menjadi pendekatan istimewa untuk mengenal behavior dasar mereka, kerena setiap objek yang digambar dan tingkah laku pada saat menggambar merupakan simbol dapat memahami kepribadian mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visual statis dan visual dinamis pada gambar karya anak autisme di lembaga Art Therapy Center (ATC) Widyatama pada program Treatment Khusus. Gambar yang diteliti diambil pada lima gambar anak autisme yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan, dan ketertarikan dalam hal menggambar. Kelima anak ini memiliki hambatan dalam berkomunikasi, mereka masih menggunakan komunikasi nonverbal dalam berinteraksi, baik itu ketika dalam proses belajar berlangsung maupun ketika berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. Peneliti mengunakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk memecahkan masalah melalui penerapan langsung di kelas. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan cara menguraikan objek sekaligus menganalisisnya.
Analisis penelitian menggunakan teori bahasa rupa dengan pendekatan kreativitas milik Prof. Primadi Tabrani. hasil penelitian ini menginterpretasikan bahwa kemampuan anak autisme di ATC widyatama tercipta dimana saat perasaan (emotions) menyatu tidak hanya dengan gerakan (movement) tetapi juga dengan imajinasinya (Imagination). Cara menggambar kelima anak ini mempunyai kesamaan yaitu mengikuti kata hati (intuition) tetapi memiliki perbedaan dalam hal karakter gambarnya. Hasil gambar ketiga anak bila dihubungkan dengan periode gambar anak normal berada satu tahap dibawah anak normal. Gambar dapat digunakan anak autisme untuk berkomunikasi, membantu keterampilan dalam bahasa dan kosa kata.


the growth of children is an excellent period for physical and spiritual growth. There is a small percentage of children who do not normally or commonly referred to children with special needs, such as deaf, mental retardation, autism, tunadaksa, and other. Children in need special, particularly for autism, creativity can navigate through drawings, paintings, music, dance and more. The image is a language, autistic children can communicate through images, they do naturally compared to the writings of yet they understand. Objects drawn an autistic child is a way to have wimba content representations and tata ungkap that draws in every picture. Image created an autistic child be a special approach to get to know their basic behavior, because every object drawn and behavior at the time of drawing a symbol can understand their personality.
This research aims to describe visually static and dynamic visual image on autistic children in the institutions of Art Therapy Center (ATC) Widyatama on Special Treatment programs. The images were taken on five images scrutinized autistic children are selected based on their ability level, and an interest in things to draw. A fifth child has barriers in communicating, they still use nonverbal communication in interacting, either when in the learning process takes place or when interacting with the surrounding environment. Researchers using an action research aims to solve problems through the application directly in the class. Analysis of the method used is descriptive analysis method by way of outlining your object simultaneously analyse it.
Research analysis using fine language theory approach to creativity belongs to Prof. Primadi Tabrani. the results of this research to interpret that the ability of autistic children in ATC widyatama created when emotions blends not only with the movement but also with Imagination. How to draw a fifth of these children have in common i.e. follow intuition but have differences in terms of character drawing. The results of the third child when the image associated with the period of the child"s normal pictures are one stage below the normal children. The image can be used to communicate the Autism child, helping skills in language and vocabulary.

Hak Cipta

Copyright 2019 ISBI Bandung. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Unduh / baca

1 Dokumen format pdf

Kontributor

#