TUBUH-TUBUH MUNGIL

Artikel oleh Tyoba Armey Astyandro Putra, ISBI Bandung

Kata kunci: penciptaan, eskplorasi, dunia anak, psikis, improvisasi pembentukan

Sumber pengambilan dokumen: PASCA 2018 PUT

Relasi:

Dibuat: 29 Januari 2019

Abstraksi

Hakekat dunia anak adalah bermain, dunia yang identik dengan kebebasan dan kreativitas. Rasanya tidak ada aktivitas yang paling menyenangkan selain bermain, Dalam bermain, anak selalu ingin bergerak sesuai dengan nalurinya untuk merespon segala apa yang ditangkap oleh panca indera dalam kesehariannya. Dalam bermain ini, anak sebenarnya sedang mengolah suatu proses belajar, anak juga membuat pilihan, memecahkan masalah, berkomunikasi, dan bernegosiasi dengan teman sebayanya. Anak belajar dengan meniru (mimesis) apa yang mereka lihat dalam lingkungannya, mereka menciptakan peristiwa khayalan atau imajinasi yang bebas tanpa tekanan, melatih keterampilan fisik, sosial, dan kognitif.

Persoalan-persoalan pada anak, akan diangkat dalam dunia panggung melalui sebuah karya yang berbasis tubuh sebagai media ungkapnya Seperti yang diungkapkan oleh Alma M. Hawkin bahwa setiap seniman harus didorong untuk menangkap respon imajinatif dan aktivitas yang diarahkan sendiri. Respon kreatif dapat dicapai melalui proses eksplorasi, improvisasi, komposisi, yang tentunya terdapat kesempatan untuk berpikir, merasakan, mengimajinasikan, serta mencipta.

Karya ini merupakan hasil intepretasi pengalaman empirik penulis berdasarkan riset dan proses yang dilakukan, sehingga mampu membangkitkan kesadaran dan perhatian pada dunia anak dengan memperhatikankan aspek-aspek yang dapat mempengaruhi perkembangan psikis anak. Sebagai orang dewasa diharapkan kita mampu untuk memilah dan memilih mana yang baik atau buruk bagi tumbuh kembang anak yang harus dilihat dari berbagai sudut pandang, selain itu ketika mampu memahami psikis seorang anak, ternyata membuat seseorang lebih kreatif dan imajinatif.


Playing is the core of the world for children, a world that is identical to freedom and creativity. For them, there is no better activity than to play. While playing in their daily life, children use their instinct to respond to their surroundings by activating their five senses. Throughout this activity, children are actually doing a learning process where they need to make decisions, solve problems, communicate, and negotiate with their peers. Children learn by imitating (mimesis) what they see in their surroundings, they liberally have the ability to fantasize stories or imaginary events to train their physical, social and cognitive capacity.
These phenomena of children inspires a performance that will use body as its media of expression. As Alma M. Hawkin stated, each artist should be driven by their ability to catch imaginative responses and act. Creative responses can be reached through the process of exploration, improvisation, composition, and surely the opportunity to think, to feel, to imagine and to create.
This work is created through the interpretation of my empirical experience undertaken from a research and training process. I am able to enhance the awareness and interest to the world of children by observing the aspects that influence the psychological development of children. As adults, we are expected to be able to decide the positive and negative sides of children’s development process from many perspectives, and moreover, when one has the ability to understand children psychology, one also becomes more creative and imaginative.

Hak Cipta

Copyright 2019 ISBI Bandung. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Unduh / baca

1 Dokumen format pdf

Kontributor

#