Penanaman Nilai-nilai Kasundaan Berbasis Pembelajaran Tari Pakujajar di SMP Negeri 5 Sukabumi

Artikel oleh Ayu Vinandari Wahyudi, Tati Narawati, Trianti Nugraheni, ISBI Bandung

Kata kunci: nilai-nilai kasundaan, tari pakujajar, implementasi pembelajaran tari

Sumber pengambilan dokumen: RJ 2018 PAN XX VIII 2

Relasi:

Dibuat: 08 Februari 2019

Abstraksi

penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kasundaan yaitu cageur, bageur, bener, pinter, singer yang telah luput dari kehidupan para siswa. terkikisnya nilai-nilai budaya lokal menimbulkan permasalahan, yaitu degradasi karakter yang di pengaruh oleh lemahnya etika dan estetika. penelitian ini terdiri atas dua tahapan,yaitu mengkaji tari dengan menggunakan teori etnokoreologi yang di bantu dengan pendekatan etnopedagogik dan folklor, serta implementasi pembelajaran dengan menggunakan teori Lickona dan Gardner.hasil kajian di peroleh bahwa nilai-nilai yang berkenaan dengan nilai cageur, bageur, bener, pinter, tur singer yang kemudian di implementasikan melalui sebuah pembelajaran tari etnis, yaitu tari pakujajajr dengan mengguanakan model pembelajaran sinetik. penelitian ini menggunakan metode penelitian action research dengan pendekatan kualitatif berdasarkan proses yang telah dilakukan, terjadi peningkatan yang signifikan yang di buktikan dengan meningkatanya daya imajinasi serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan sikap siswa yang peduli serta saling menghormati baik pada guru maupun antar sesama.dengan demikian penelitian ini menghasilkan model pembelajaran tali etnis.


This research aims to inculcate kasundaan values that is cageur, bageur, bener, pinter, singer that have been disappeared from students life. The decline of local cultural values creates problems, as well as moral degradition following the decrease of ethics and aesthetics values. This research consist of two steps include an analysis to the dance by using etnochoreology, etnopedagogy, etnopedagogy and folklore. Meanwhile, the implementation of dance learning uses a Lickona and Gardner theory. The result of studies show that the values contained in the dance pertains to cageur, bageur, bener, pinter, tur singer and these values are implemented through an ethic dance learning that is Pakujajar Dance tive approach. Based on the processes that have been done, there is a significant increase shown by improvement in imagination and understanding of the students to the subject materials, as well as student-s attitudes of caring and mutual respects both to their teachers and their peers. This research produces the ethnic dance learning model.

Hak Cipta

Copyright 2019 ISBI Bandung. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Kontributor

#