Tangtu

Artikel oleh Dhendi Firmansyah, ISBI Bandung

Kata kunci: Karya tari tangtu, kujang, azas sunda.

Sumber pengambilan dokumen: PASCA 2019 DHE t

Relasi:

Dibuat: 30 Januari 2020

Abstraksi

Tangtu merupakan karya seni yang terinspirasi dari ekspersi
kesadaran hasil komentar terhadap dunia sekeliling mengenai salah satu
pemaknaan terdalam dari simbol kujang, diwujudkan dalam penciptaan
seni pertunjukan koreografi, mengolah sensasi tritunggal ketubuhan
(gerak, ruang dan waktu). Menggunakan desain kerucut tunggal dalam
aspek-aspek dasar koreografi kelompok tipe dramatik. Bahan dasar
eksplorasi dan pembentukan karya tangtu adalah dari bentuk-bentuk gerak
tari tradisi Jawa Barat dan gerak akrobatik, melalui perspektif pemahaman
estetika tersebut, dalam tipe dramatik karya koreografi tangtu ini
menggabungkan pola tari tunggal, tari berpasangan dan tari kelompok
sebagai pijakan terwujudnya sebuah karya. Ketiga pola bentuk tari
tersebut melalui tahapan eksplorasi gerak hingga terbentuk satu sajian
karya koreografi yang baru dan mempunyai ciri khas. Penggalian karya
koreografi ini hasil komentar empirik kemudian dilakukan pengolahan
data yang ditemukan dengan memakai teori simbol dari perspektif
Saussurean, teori estetika paradoks pola tiga Sunda dari perspektif Jakob
Sumardjo dan metode kreasi seni dari perspektif Herman Von Helmholtz.
Hasil mengolah teori dan metode tersebut menghasilkan temuan yaitu satu
karakteristik dari simbol adalah bahwa simbol tak pernah benar-benar
arbiter. Begitupun kujang sebagian masyarakat memiliki pemahaman
bahwa kujang adalah alat pertanian, tidak memiliki makna apapun, tetapi
sebagian masyrakat memahami kujang memiliki pemaknaan simbol
kosmologi orang Sunda Tritangtu, terlihat dari struktur lekukan yang
terbagi menjadi pola tiga. kemudian Dari proses metode kreasi seni
menemukan tema besar untuk dijadikan tesk dramatik yaitu mengenai
nilai back mind orang Sunda tentang landasan berfikir dan bertindak
(azas) dalam ungkapan Sunda Tilu Sapamilu (Tekadnya di asih, ucapnya
di asuh dan lampahnya di asah).


TANGTU is an art work inspired by the awareness of the commentary
on the surrounding world about one of the deepest purposing of the symbol
Kujang, manifested in the creation of performing art choreography, cultivate
the sensation of the Trinity (Motion, space and time). It uses a single cone
design in the basic aspects of the choreography of dramatic type groups. The
basic materials of exploration and the formation of TANGTU works are from
the forms of dance of West Java traditions and acrobatics, through the
perspective of the aesthetic understanding, in the dramatic type of this
TANGTU choreography work combines a single dance pattern, Dance in
pairs and group dance as the footing of a masterpiece. The three patterns of
dance form through the stage of exploration motion to form a presentation of
new and distinctive choreography. The excavations of this choreography
result from a empirical commentary then carried out the data processing
found using symbol theory from the perspective of Saussurean, the Paradox
aesthetic theory of the three Sundanese patterns from Jakob Sumardjo"s
perspective and the art creations method of The perspective of Herman Von
Helmholtz. The results of the theory and the method resulted in a finding that
one characteristic of the symbol is that the symbol is never really an
arbitrator. Likewise Kujang some people have the understanding that Kujang
is a tool of agriculture, has no meaning whatsoever, but a part of the
community understands the Kujang has the use of the cosmology symbol of
the people of the part, visible from the curve structure Divided into three
patterns. Then from the process of art creation methods find a great theme to
be made a dramatic test that is about the value of the Sundanese back mind
about the foundation of thinking and acting (Azas) in the expression Sunda
Tilu Sapamilu (his determination in Asih, he said in Foster and The lamp in
the sharpen).

Hak Cipta

Copyright 2020 ISBI Bandung. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Kontributor

Web Administration Officer #