Perancangan Ilustrasi Sampul Album Grup Musik Garamerica bergaya Pop Surealism

Artikel oleh Teguh Tarfian Saputra, ISBI Bandung

Kata kunci: desain, sampul, album, musik,

Sumber pengambilan dokumen: RJ 2016 SAP

Relasi:

Dibuat: 20 Februari 2017

Abstraksi

Musik bagi sebagian orang merupakan sebuah kebutuhan pokok yang wajib mereka konsumsi setiap harinya. Tanpa musik dunia mungkin terasa kurang berwarna, bahkan ada yang menjadikan musik itu sebagai sumber inspirasi dan motivasi bagi hidup mereka. Tidak bisa dipungkiri lagi kalau musik pada zaman ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari berbagai belahan dunia setiap harinya muncul begitu banyak musisi dalam format yang berbeda – beda dan aliran yang sangat beragam. Media komunikasi visual yang tepat guna memiliki peran yang sangat penting bagi para musisi dan pelaku bisnis di industri musik untuk mempromosikan produk mereka, tanpa mengesampingkan kualitas musikalitas yang mereka tawarkan dari produk mereka itu sendiri.
Garamerica adalah nama salah satu band indie yang sedang memulai karier musiknya sejak tahun 2014. Untuk menunjukan eksistensi mereka, band ini akan segera merilis album perdananya setelah mereka mengeluarkan album EP. Guna mendukung penjualan album ini, maka diperlukan media komunikasi visual yang tepat guna sebagai sarana promosi album tersebut. Perancangan ini bertujuan untuk memperoleh media komunikasi visual yang efektif sesuai dengan teori, konsep dan keadaan di lapang. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian, wawancara, dan data teoritis diolah melalui analisis dan sistesa sehingga diperoleh konsep perancangan sebagai dasar merancang media komunikasi visual yang sesuai dengan kriteria desain. Konsep dasar perancangan yang digunakan adalah imaginasi yang disesuaikan dengan genre yang mereka buat, lirik yang sangat mendalami maknanya, dan juga perjuangan mereka yang sampai saat ini masih tetap aktif dikalangan dunia musik. Visualisasi ditampilkan dengan ilustrasi 2 character personil yang sedang bercengkrama seakan dunia milik mereka dan hayalan-hayaln mereka yang sangat luas. Dalam proses perancangan media telah ditentukan media yang tepat dan sesuai yaitu kemasan compact disc, iklan media sosial, poster, artprint, stiker, postcard gift, dan keterangan tentang Garamerica untuk memperjelas asal mula mereka sehingga, nantinya dapat menunjang penjualan album perdana Garamerica bertajuk Rasa.


Hak Cipta

Copyright 2017 Institut Seni Budaya Indonesia - Bandung. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Kontributor

#