MENGGELAR NARASIDAN REPUTASI: PAMERANSENIRUPA SEBAGAI PERGELARAN

Artikel oleh G. R. Lono Lastoro Simatupang, ISBI Bandung

Kata kunci: pameran seni rupa, pergelaran, kajian pergelaran

Sumber pengambilan dokumen: RJ 2016 PAN P XXVI 3

Relasi:

Dibuat: 04 Mei 2017

Abstraksi

Pembagian seni secara konvensional ke dalam Seni Rupa dan Seni Pertunjukan dapat dituduh sebagai faktor pendorong tidak saling bertegur sapanya kajian kedua ranah seni tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kajian pergelaran. Penelitian yang disusun berdasarkan pembacaan kritis sejumlah kepustakaan yang terkait dengan perspektif pergelaran (performance) dan pameran seni rupa. Di dalamnya akan dibahas keserupaan antara pergelaran seni pertunjukan dan pameran seni rupa, serta relasi antara seniman, karya seni, dan pamerannya. Hasil penelitian ini menyajikan tawaran cara pandang pergelaran (performance) sebagai salah satu alternatif perspektif untuk menjembatani kajian kedua ranah seni tersebut. Penulis berpendapat bahwa melihat pameran seni rupa sebagai peristiwa pergelaran berpeluang menghasilkan wilayah kajian baru dalam kajian seni rupa. Cara pandang pergelaran bahkan juga dapat dimanfaatkan lebih lanjut untuk mengkaji akuisisi dan koleksi seni rupa.


The conventional division of arts into Arts and Performing Arts can be blamed as an impedingfactor for conversation between studies of the two art realms. This research uses performance studies method.This research based on a critical reading some literature related to the perspective of performance and an arts exhibition. It will be discussed similarities between performance art shows and arts exhibition, as well as the relationship between artist, artwork, and exhibition.This research result proposes performance as analternative perspective to bridge both studies. It argues that viewing arts exhibition as performance might give result to a new field of arts studies. Performance perspectives even can be applied further to examine arts acquisition and collection

Hak Cipta

Copyright 2019 Perpustakaan ISBI Bandung. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Kontributor

#