• Tinjauan Deskriptif Tentang Topeng Pada Drama Panji Koming Produksi Studiklub Teater Bandung
    Topeng adalah hasil budaya manusia pada umumnya berbentuk wajah orang atau binatang dengan mempunyai fungsi ganda, yakni sebagai alat upacara agama sekaligus sebagai alat ekspresi bagi seni pertunjukan. Bentuk topeng-topeng yang dipergunakan dalam drama ini sesuai dengna ceritanya yaitu drama komedi yang menggambarkan ketertindasan rakyat kecil. Penggunaan topeng dalam drama ...
    12 Agustus 2016 / Ricky H. Silalahi /   RC 1986 SIL
  • Tinjuan Deskriptif Tentang Penyajian Tarling Putra Sangkalan Cirebon
    Istilah Tarling diambil dari kata gitar dan suling, lebih dikenal sebagai warna musik Cirebonan. Oleh Abdul Adjib sebagai penggerak lebih dikembangkan menjadi sebuah seni lakon pada tahun 1970-an, hal ini merupakan salah satu manifestasi gagasannya yang berorientasi pada kehendak masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dilakukan pada Grup Tarling ...
    12 Agustus 2016 / Sriyati /   RC 1986 SRI
  • Tinjauan Deskriptif Tentang Teater Rakyat Sintren Desa Dukuh Badag
    Sintren adalah kesenian tradisional yang hidup di daerah Kabupaten Kuningan yang pada tahu 1930 Sintren telah dipagelarkan oleh Ibu Warjiah.Para pelaku Sintren sebagian kaum wanita, terutama bagi pesintren sendiri seorang anak perempuan berusia 7-10 tahun lebih jelasnya mereka yang belum menstruasi (haid) yang menurut anggapannya masih suci. Sumber cerita-cerita sintren ...
    12 Agustus 2016 / Sri Kurniasih /   RC 1986 KUR
  • Tinjauan Deskriptif Analitis Terhadap Kritik Pementasan Teater Di Bandung
    Kritik sebagai kegiatan manusia yang berupaya merah kemajuan, tidak dilancarkan sewenang-wenang dengan tanpa dilandasi tanggung jawab untuk keutuhan hidup bersama. Kehadiran kritik yang integral dalam percaturan seni sangat penting untuk menciptakan iklim teater yang sehat, agar bisa meninjau sejauh mana kebenaran keluhan-keluhan yang banyak dilontarkan oleh orang-orang yang ikut terlibat ...
    12 Agustus 2016 / Ipit S. Dimyati /   RC 1986 DIM
  • Tinjauan Deskriptif Sistem Manajemen Grup Srimulat Jakarta
    Teater membutuhkan keteraturan dan koordinasi yang baik. Grup teater seperti grup kesenian lain yang ingin berhasil harus dikelola secara profesional. Selain profesionalisme sebagai seniman, dibutuhkan juga profesionalisme dalam manajemen produksi pagelaran. Penanganan manajemen yang baik adalah faktor penting untuk keberhasilan produksi teater sampai penyajian ke penonton. Srimulat adalah grup kesenian ...
    08 Agustus 2016 / Eddy Suswandy /   RC 1986 SUS
  • Tinjauan Deskriptif Proses Produksi Pementasan Sandiwara Sunda Lingkung Seni Jatinugraha
    Sandiwara sunda adalah salah satu bentuk kesenian yang ada di jawa barat, pada saat tulisan ini dibuat sandiwara sunda sedang mengalami kemunduran karena tergilas oleh kesenian pop. Faktor yang mempengaruhi hal ini adalah faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor yang menyebabkan kemunduran sandiwara sunda adalah proses produksi yang ...
    08 Agustus 2016 / Yuyu Wahyudin /   RC 1986 WAH
  • Tinjauan Deskriptif Bentuk Pertunjukan Sandiwara Sunda Sinar Tumaritis
    Kebudayaan adalah sesuatu yang kompleks, di dalamnya terdapat antara lain kesenian dan adat istiadat. dalam penelitian ini akan dibahas sebuah kesenian tradisi dari jawa barat. Kesenian yang dibahas adalah Sandiwara Sunda Sinar Tumaritis desa Sukadana, kabupaten ciamis. Alasan dipilihnya sandiwara ini karena pada saat tulisan ini dibuat penulis belum menemukan ...
    08 Agustus 2016 / Daswan /   RC 1986 DAS
  • Tema, Tokoh dan Peristiwa Dalam Lakon-lakon Karya Saini KM Yang Berjudul Ben Go Tun, Egon dan Serikat Kacamata Hitam
    Sutradara drama seringkali sukar menangkap ide-ide atau gagasan yang disampaikan pengarang dalam karya-karya lakon yang telah diciptakan, sementara kebanyakan pengarang-pengarang lakon itu sendiri tidak mengetahui segi mana yang baik dan yang kurang baik dari lakon-lakon yang mereka buat. Hal ini dapat menghambat kemajuan pengarang dalam mencipta lakon, dan juga kesulitan ...
    08 Agustus 2016 / Willy F Sembung /   RC 1981 SEM
  • Teater Anak-anak Sebagai Sarana Pendidikan
    Dengan perkembangan seni teater yang dewasa ini semakin memasyrakat, maka tidak bisa dipungkiri bahwa teater mempunyai peran dalam kehidupan sosial masyarakat. Seni teater tumbuh bersama dengan pertumbuhan kehidupan manusia baik sebagai individu, makhluk sosial maupun makhluk religius. Untuk menghadapi masalah-masalah dalm kehidupan nya manusia membutuhkan pendidikan baik secara formal maupun ...
    08 Agustus 2016 / Herman Effendi /   RC 1984 EFF
  • Tata Busana Dalam Cerita Babad Pada Perkumpulan Sandiwara Sunda Sri Murni, Sri Mukti Dan Dewi Murni
    Dalam dunia panggung terutama dunia teater, kostum atau tata busana adalah salah satu faktor penting dalam menyampaikan pesan, menggambarkan watak, status sosial, ekspresi yang sesuai dengan jalan cerita. dan lain-lain. Di Indonesia banyak terdapat teater rakyat yang mempunyai bentuk yang berbeda daik dalam bahasa, iringan, rias atau tata busana nya. ...
    08 Agustus 2016 / Dyah U Wariyanti /   RC 1985 WAR
  • Sebuah Tinjauan Tentang Tema Terhadap Enam Naskah Drama Anak-Anak
    Salah satu cara untuk mengatasi masalah kurangnya penonton pada pertunjukan teater membina dan mendidik penonton. Sasaran yang paling efektif adalah anak-anak yang berusia 6-12 tahun karena pada usia itu sebagian besar waktunya digunakan untuk pengembangan intelektual mereka. Dalam fungsi nya sebagai media pendidik maka tema naskah harus diperhatikan dengan baik, ...
    08 Agustus 2016 / Cucu Suparsih /   RC 1986 SUP
  • Sebuah Tinjauan Deskriptif Analitis Tentang Tema, Penokohan dan Bentuk Lakon Pada Naskah2 Drama karya Nasjah Jamin
    Naskah merupakan sumber ide bagi garapan teater, maka naskah memerlukan perhatian khusus dan seksama. Naskah pada awalnya bersifat verbal, harus terlebih dahulu dianalisa agar didapatkan suatu pemahaman unsur. Unsur-unsur tersebut diantaranya adalah tema, penokohan, dan bentuk lakon atau suasana lakon. Kebanyakan seniman teater di indonesia pada masa ini masih cenderung ...
    03 Agustus 2016 / Koko Sondari /   RC 1986 SON
  • Teater Koma Jakarta - Sebuah Kasus Teater Baru Indonesia di Tengah Masyarakat yang Berubah
    Teater sebagai salah satu cabang kesenian menduduki posisi sebagai bagian dari masyarakat, tetapi dalam kenyataan sehari-hari di negeri kita ternyata tidak selalu demikian. Kesenian lebih sering berada dalam posisi terpojok terhadap masyarakat dibanding menjadi bagian di dalamnya. Teater juga tidak luput dari kondisi terpojok ini, dalam suatu masa yang panjang ...
    02 Agustus 2016 / Arie F Batubara /   RC 1986 BAT
  • Saduran Naskah Lingkaran Kapur Putih Karya Suyatna Anirun dan WS Rendra
    Teater baru telah berkembang dengan pesat di Indoensia. Perkembangan ini menyebabkan naskah-naskah dalam negeri telah banyak dimainkan dan tidak mencukupi kebutuhan pementasan. Sementara produktivitas pengarang lakon dalam negeri juga masih kurang. Untuk memenuhi kekurangan ini banyak penggarap drama beralih ke naskah-naskah asing dan sekaligus menyadur nya ke dalam suasana indonesia. ...
    02 Agustus 2016 / Nono Juhana /   RC 1986 JUH
  • Fungsi Layar Cerita Babad Pada Sandiwara Sunda Sri Asih Sukabumi
    Di jawa barat banyak terdapat teater tradisional atau teater daerah. Teater daerah tidak ada yang menciptakan khusus. Cerita nya disajikan tanpa naskah, semuanya dilakukan secara improvisasi dengan tempat yang sangat sederhana. Walaupun demikian sandiwara tradisional sunda kaya akan unsur-unsur pendukung seperti tari, karawitan, seni rupa, seni sastra dan seni drama. ...
    01 Agustus 2016 / Enung Nurhayati /   RC 1985 NUR
  • Alasan Pemilihan Naskah Pada Tiga Group Teater di Bandung Produksi Tahun 1982-1985
    Naskah drama adalah salah satu faktor penting dalam pementasan teater. Pemilihan naskah drama harus dilakukan dengan perhatian dari berbagai sudut dan unsur. suatu pementasan teater yang berhasil akan dipengaruhi oleh penanganan unsur teater secara baik. Dalam penelitian ini di ambil tiga obyek penelitian dari tiga group teater yang cukup produktif ...
    01 Agustus 2016 / Dedi Kusumah /   RC 1986 KUS