• HIPERREALITAS MUSIK POPULER DALAM TV COMMERCIAL (TVC) ″TEH KOTAK RASA″
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji fenomena Musik Populer dalam TV Commercial (TVC) Teh Kotak Rasa, iklan ini begitu dikenal oleh masyarakat, khususnya masyarakat konsumtif yang identik dengan kaum mudamudi. Musik populer yang dijadikan jingle TVC Teh Kotak Rasa menjadi tren yang dapat memberikan suatu daya tarik, daya jual beli, ...
    30 Januari 2020 / Winda Ayu Ghaniyah /   PASCA 2019 WIN h
  • RESISTENSI KOMUNITAS BANDUNG PYRATE PUNK PADA INDUSTRI MUSIK POPULER
    Punk merupakan subkultur yang terlahir dari gerakan perlawanan. Industri musik populer adalah salah satu hal yang ditentang oleh komunitas punk. Di Bandung, keberlangsungan kegiatan bermusik kaum punk mendapat ancaman dari adanya dominasi industri musik populer. Masuknya elit-elit industri ke ranah komunitas underground di Bandung memicu gerakan resistensi dari komunitas Bandung ...
    30 Januari 2020 / YANRI FAJAR AGHISNA NURCAHYANA /   PASCA 2019 YAN r
  • RELIGIUSITAS MASYARAKAT CINUNUK GARUT DALAM STRUKTUR RITUAL MULUD
    Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses ritual yang terdapat dalam Upacara Ritual Mulud di Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut. Unsur-unsur ritualnya meliputi ziarah kubur, pertunjukan terebangan, dan upacara ngebakeun pusaka. Proses ritualnya kemudian dihubungkan pada pemahaman keberagamaan (religiusitas) masyarakat, sehingga dapat diketahui bagaimana cara pandang masyarakat terhadap fenomena tersebut. ...
    30 Januari 2020 / RUDI SIROJUDIN ABAS /   PASCA 2019 RUD r
  • Marwah gorga di bumi batak
    “MARWAH GORGA DI BUMI BATAK” adalah sebuah film dokumenter dengan konsep Mise On Scene. Film ini menggambarkan ornamen gorga, salah satu ornamen kebudayaan adiluhung masyarakat Suku Batak Toba, yang sudah berada selama ribuan tahun. Gorga adalah seni pahat atau ukir, yang berkembang dari suku Batak Toba. Ornamen gorga memiliki nilai-nilai ...
    30 Januari 2020 / Reynaldo Apriasie /   PASCA 2019 REY m
  • R. ONO LESMANA KARTADIKOESOEMAH KREATOR TARI SUNDA GAYA SUMEDANG (TAHUN 1901–1987)
    R. Ono Lesmana Kartadikoesoemah merupakan tokoh Tari Sunda yang berhasil mengembangkan Tari Sunda menjadi menarik, tidak hanya sebagai tari pertunjukan, namun juga sebagai materi bahan ajar, baik di sekolah, sanggarsanggar seni, maupun di Perguruan Tinggi Seni. Karya Tari yang lebih dikenal dan digemari adalah Tari wayang, Tari Keurseus, dan Tari ...
    30 Januari 2020 / R. WIDAWATI NOER LESMANA /   PASCA 2019 RWI r
  • “SANGHYANG SRI” REPRESENTASI MITOS DEWI PADI PADA ARTWEAR
    Objek penciptaan karya ini adalah artwear yang terinpirasi dari mitos Dewi Sri dari tiga wilayah budaya yang berbeda, yakni Sunda, Jawa, dan Bali. Mitos tersebut menjadi inspirasi karena memiliki nilai-nilai penghormatan terhadap alam. Nilai-nilai tersebut dipandang masih relevan dengan dunia kontemporer saat ini, sehingga interpretasi terhadap mitos tersebut ke dalam ...
    30 Januari 2020 / NADIA RACHMAYA NINGRUM BUDIONO /   PASCA 2019 NAD s
  • HABITUS MASYARAKAT NADOMAN PADA MAJELIS TAKLIM TSAMROTUL FUAD PONDOK PESANTREN CIPASUNG TASIKMALAYA
    Nadoman merupakan seni suara yang memiliki kekhasan tersendiri, dilantunkan bersama-sama tanpa instrumen pengiring. Nadoman memiliki nilai-nilai estetik dan etik, sebuah karya sastra yang memuat ajaran-ajaran tentang Islam. Pengajar/kiai yang menggunakan metode nadoman tidak secara dogmatis dalam menerapkan ajaran Islam kepada jamaahnya. Hal ini dilakukan oleh Hj. Dedeh Tsamrotul Fuadah ...
    30 Januari 2020 / MUHAMMAD ZAINAL ARIFIN /   PASCA 2019 MUH h
  • TRANSFORMASI UPACARA TARIK KETUPAT LEPAS DI BEKASI
    Tarik Ketupat Lepas adalah Upacara yang dilakukan oleh Masyarakat Bekasi untuk membayar kaul atau nazar. Upacara Tarik Ketupat Lepas biasanya selalu dilakukan dalam Pertunjukan Topeng Betawi. Dewasa ini di Bekasi Tarik Ketupat Lepas dilakukan juga dalam Pertunjukan Wayang Kulit Betawi. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap transformasi Upacara Tarik Ketupat Lepas ...
    30 Januari 2020 / MELITA HERLINDA /   PASCA 2019 MEL t
  • HEGEMONI PERTUNJUKAN NGADU DOMBA GARUT
    Ngadu Domba merupakan pertunjukan yang sudah cukup lama berkembang serta menjadi salah satu warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Garut. Tesis ini menggunakan metode kualitatif yakni metode penulisan yang menyajikan data sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan melalui proses observasi, wawancara, pendokumentasian serta studi pustaka. Teori hegemoni milik ...
    30 Januari 2020 / IRMA FEBRYANI /   PASCA 2019 IRM h
  • REPRESENTASI RAJA DANGDUT DALAM FILM “SATRIA BERGITAR” RHOMA IRAMA
    Film dalam bahasa inggris disebut motion picture yaitu serangkaian gambar-gambar yang diproyeksikan pada sebuah layar agar tercipta suatu ilusi gerak yang hidup. Film hasil karya sutradara Nurhadi Irawan dan diproduksi oleh perusahaan PT Rhoma Film Production. Penelitian ini untuk memahami bagaimana representasi Raja Dangdut dalam film “Satria Bergitar”, Rhoma Irama. ...
    30 Januari 2020 / IKA SARTIKA /   PASCA 2019 IKA r
  • “JAWARA” Senandung Kembang Gadung di Tiang Gantung
    Karya tari berjudul Jawara terinspirasi dari cerita rakyat daerah Subang, Jawa Barat, yaitu Ki Lapidin. Cerita tersebut tergolong kepada cerita fiksi, tetapi diyakini sebagai sejarah, kepahlawanan Ki Lapidin untuk membela rakyat Subang dan melawan penjajah Belanda. Garapan tari dalam bentuk dramatari yang bersumber tari rakyat sunda. Melalui perspektif pemahaman estetika, ...
    30 Januari 2020 / GUSTIAN SETIAWATI /   PASCA 2019 GUS j
  • REPRESENTASI MOTIF BATIK KAWUNG DALAM ELEMEN ESTETIS INTERIOR RUANG PUBLIK
    Elemen estetis Motif Batik Kawung menjadi sebuah nilai tradisi yang disisipkan ke dalam desain interior ruang publik yang modern. Dalam perencanaan sebuah Desain Interior, konsep desain merupakan kunci utama bagi desainer dalam mendesain sebuah ruang. Beberapa ruang publik seperti mall, hotel dan restaurant dalam desainnya memiliki konsep yang kuat. “Papat ...
    30 Januari 2020 / DIANA MULIANI /   PASCA 2019 DIA r
  • Tangtu
    Tangtu merupakan karya seni yang terinspirasi dari ekspersi kesadaran hasil komentar terhadap dunia sekeliling mengenai salah satu pemaknaan terdalam dari simbol kujang, diwujudkan dalam penciptaan seni pertunjukan koreografi, mengolah sensasi tritunggal ketubuhan (gerak, ruang dan waktu). Menggunakan desain kerucut tunggal dalam aspek-aspek dasar koreografi kelompok tipe dramatik. Bahan dasar eksplorasi ...
    30 Januari 2020 / Dhendi Firmansyah /   PASCA 2019 DHE t
  • AEK MATO SUNGE BATANGHARI
    “Tubuh adalah bahasa” sekiranya itulah kalimat pertama yang berada dalam benak penulis ketika mendengar istilah teater tubuh atau Physical Theatre. Dari kalimat tersebut, penulis memiliki keyakinan, bahwa tubuh dapat menciptakan narasi dan bahasa yang dapat menemukan kontekstualisasinya pada berbagai ruang dan waktu. Tubuh pada karya “Aek Mato Sunge Batanghari” diartikan ...
    30 Januari 2020 / Muhammad Komadri /   PASCA 2019 MUH a
  • KULMINASI TIGA KREATOR WORLD MUSIC INDONESIA
    World Music pertama kali dikemukakan pada tahun 1960 oleh Robert E. Brown, etnomusikolog dari Universitas Wesleyan, Connecticut, AS. Dalam sudut pandang etnomusikologi, world music merupakan jenis musik tradisional yang berada di seluruh belahan dunia. Adapun dalam sudut pandang musikalitas bahwa world music mempunyai sifat dan kecenderungan kolaboratif, menggabungkan antara instrumen musik ...
    30 Januari 2020 / ANGGIT SURYA JATNIKA /   PASCA 2019 ANG k
  • STRUKTUR BANGUNAN MESJID KAMPUNG ADAT NAGA
    Mesjid sebagai bangunan, yang merupakan artefak kebudayaan pada masa kebudayaan Islam berkernbang di Indonesia, bukan sekedar tempat ibadah tetapi juga digunakan untuk kegiatan adat, salah satunya di Kampung Adat Naga Kabupaten Tasikmalaya. Keberadaan penataan bangunan dan lingkungan tidak lepas dari pengaruh budaya setempat, yang mempunyai unsur bentuk struktur bangunan dan ...
    30 Januari 2020 / Achmad Rizali /   PASCA 2019 ACH s