• Tandang Midang Haleuang
    Karya Penyajian “Tandang Midang Haleuang” ini adalah penyajian sekar kiliningan dengan konsep konvensional, namun terdapat pembeda dari penyajian kiliningan yang lainnya. Dari keseluruhan lagu yang akan disajikan, penyaji buat dengan bentuk Medley, yaitu dengan struktur menyambung dari lagu pertama ke lagu berikutnya. Maka dalam sajiannya dibuat gending melodi atau interlude ...
    01 Maret 2017 / Nina Gusmiyati /   RB 2016 GUS
  • SEKAR GENDING NGANTEUR RASA KASMARAN
    Sajian berjudul ” Sekar Gending Nganteur Rasa ” merupakan sajian vokal kepesindenan dalam kesenian Kiliningan. Berkaitan dengan judul yang penyaji ambil, Sekar adalah pengolahan vokal yang khusus untuk menimbulkan rasa seni yang sangat erat hubungannya dengan indera pendengaran yaitu nada, bunyi atau alat pendukung lainnya. Gending lebih mengutamakan unsur instrument atau alat ...
    01 Maret 2017 / Neng Nendah /   R 2016 NEN
  • NGAHALEUANG NYINDENAN KILININGAN (PENYAJIAN VOKAL SEKAR KEPESINDENAN DALAM KILININGAN)
    Penyajian Tugas Akhir ini, penyaji mengambil judul “NGAHALEUANG NYINDENAN KILININGAN” Haleuang dalam bahasa Indonesia yaitu nyanyian, karena dasarnya ngahaleuang berarti bernyanyi. Jika dilihat dari sifat penyajiannya ngahaleuang terasa lebih terbuka, lebih keluar dan lantang, sedangkan Nyindenan Kiliningan yaitu bernyanyi dengan menggunakan ensambel kiliningan. Secara keseluruhan penyajian, pada prinsipnya seperti penyajian ...
    01 Maret 2017 / Neng Silvi Septyanti /   RB 2016 SEP
  • SULING KIWARI LAIN NU KAMARI PENYAJIAN SULING LUBANG DELAPAN DALAM KAWIH SUNDA

    01 Maret 2017 / Muhamad Ilyas /   RB 2016 ILY
  • JAMPARING ASIH PENYAJIAN VOKAL DALAM KAWIH WANDA ANYAR
    Berdasarkan sudut pandang pengertiannya, Wanda Anyar terdiri dari kata Wanda (sunda) = gaya, dan kata Anyar (sunda) = baru, sehingga Wanda Anyar artinya adalah gaya baru. Wanda Anyar adalah dua kata yang saat ini telah berfungsi sebagai nama, artinya sebagai kata benda, bukan lagi sebagai kata sifat atau kata keterangan. Kata-kata, istilah, ...
    01 Maret 2017 / Mieke Mulya Hartika /   RB- 2016 HAR
  • GALIH KANGEN KANU MULANG PENYAJIAN VOKAL DALAM TEMBANG SUNDA CIANJURAN

    01 Maret 2017 / Muh Iqbal Dwi Putra /   RB 2016 PUT
  • NYUNGSI ASIH SORA SULING PENYAJIAN SULING DALAM TEMBANG SUNDA CIANJURAN
    suling menjadi pilihan Kompetensi (PK) bagi penyaji karena alasan di atas. Hanya individu yang memiliki virtuositas tinggi disertai dengan bakat yang mempuni untuk bisa memainkan peranan sebagai pemain suling yang mampu memberikan penghayatan dalam memainkan improvisasi melodi suling. Hal itu yang menyebabkan beberapa mahasiswa Prodi Karawitan memilih PK suling karena ...
    01 Maret 2017 / Lulu Rahadiansyah /   R 2016 RAH
  • KEMPRANG KACAPI NGAHUDANG RASA RUMASA PENYAJIAN KACAPI DALAM TEMBANG SUNDA CIANJURAN
    “Kemprang Kacapi Ngahudang Rasa Rumasa” berarti penyaji sebagai perempuan akan menyajikan sebuah sajian permainan kacapi Indung dalam Tembang Sunda Cianjuran. Merupakan sajian Tembang Sunda Cianjuran pada umumnya dalam laras Pélog, Sorog, dan Saléndro, yang terdiri atas beberapa lagu jenis irama merdika (mamaos) dan panambih. Peranan krusial instrumen dalam ...
    27 Februari 2017 / Karnanda /   RB 2016 KAR
  • DANGIANG KENDANG WAYANG
    Penyajian kendang wayang golek yang berjudul “Dangiang Kendang Wayang” memiliki ciri khas tersendiri, terletak pada pola tepak kendang pada ibingan wayang dan pola tepak kendang pada iringan lagu yang diambil dari gaya Dahyar, ketika menjadi pengendang wayang golek Munggul Pawenang. Latarbelakang penyaji memilih Dahyar sebagai sumber penyajian karena beliau mempunyai ...
    27 Februari 2017 / Iyan Waryanto /   RB 2016 WAR
  • SUNDA ENGGON PANGLOKATAN KURING PENYAJIAN KACAPI INDUNG DALAM TENBANG SUNDA CIANJURAN
    Tulisan skripsi ini merupakan laporan pertanggungjawaban dari Tugas Akhir (TA) karya penyajian yang berjudul Sunda Enggon Panglokatan Kuring, dengan minat utama karya penyajian Kacapi Indung dalam Tembang Sunda Cianjuran. Judul kekaryaan pada Tugas Akhir (TA) ini mengandung konten konsep dan tema yang diusung dalam pertunjukan Tembang Sunda Cianjuran. Penyajian seni ...
    27 Februari 2017 / Indrana Saputra /   RB 2016 SAP
  • DANGDING KAASIH PENYAJIAN VOKAL DALAM WANDA ANYAR
    “Dangding Kaasih” merupakan sajian Karawitan Sekar Gending sejak Wanda Anyar, yang didalamnya terdapat 6 buah lagu yang bertemakan cinta, yang dikemas menjadi sebuah pertunjukan Karawitan tematik. Menurut Kamus Utama Basa Sunda, Dangding Kaasih memiliki arti rasa cinta yang disampaikan melalui syair lagu Sunda. Dalam karya ini, penyaji mencoba melantunkan lagu-lagu Sunda ...
    27 Februari 2017 / Fitriani Salehah Santikawati /   RB 2016 SAN
  • Tabuhan Kendang Pencak Silat Tepak Opat Cimandean Padepokan Wulung Wening
    Pencak silat tepak opat Cimandean adalah sebuah kesenian yang sudah ada sejak lama, bersamaan dengan berdirinya padepokan Wulung Sungsangyaitu sekitar tahun 1940-an. Sampai saat ini pencak silat tepak opat Cimandean masih bertahan ditengah era modernisasi. Padepokan Wulung Wening adalah salah satu padepokan yang masih mempertahankan kesenian pencak silat tepak opat ...
    27 Februari 2017 / Elpan Natapraya /   RB 2016 NAT
  • TEMBANG SOKASRANA LENA PENYAJIAN VOKAL DALAM TEMBANG SUNDA CIANJURAN
    Penyaji mengambil Kompetensi utama Penyajian Vokal dalam Tembang Sunda Cianjuran dengan judul “ Tembang Sokasrana Lena”. Adapun konsep penyajian yang akan diambil berupa sajian konvensional dengan adanya sedikit kreativitas pada garap vokal, yaitu dengan mengadopsi lagu sriwedari yang berasal dari kepesindenan dengan menggunakan ornamentasi Tembang Sunda Cianjuran. Dalam hal ini vokal ...
    27 Februari 2017 / Eka Sari Marlina /   RB 2016 MAR
  • Kemprung jaipong, Kendang dalam Jaipongan
    “Halimpu Nusuk Kalbu” merupakan judul penyajian vokal kepesindenan dalam kiliningan, dimana penyaji memiliki karakter suara yang halimpu atau empuk. Sajian ini sebenarnya sama hal nya dengan penyajian vokal kepesindenan dalam kiliningan pada umumnya, hanya sedikit ada perbedaan pada senggol, repertoar lagu dan instrumen gendingannya. Dalam sajian ini vokal berperan sebagai ...
    24 Februari 2017 / Dwi Septiani /   R 2016 SEP
  • KEMPRUNG JAIPONG PENYAJIAN KENDANG DALAM JAIPONGAN
    Penyajian kendang dalam jaipongan yang berjudul “Kemprung Jaipong” memiliki ciri khas tersendiri, terletak pada lagu-lagu yang dibawakan dan pola tepak kendang serta tarian yang disajikan. Penyaji berasumsi pada ragam pola tepak kendang jaipongan mempunyai ciri khas masing-masing dalam tepak bukaan dan mincid, seperti pada pengendang Agus supriawan dan Yaya suryadi ...
    24 Februari 2017 / Diki Tatan Tirwana /   RB 2016 TIR
  • TAROMPЀT PANGGAЀT HATЀ PENYAJIAN TAROMPЀT DALAM IRINGAN PENCAK
    Skripsi Penyajian Karya Seni berjudul “Tarompet Panggaet Hate” ini dilatarbelakangi oleh pengalaman penyaji dalam belajar alat tiup tarompet. Ada beberapa faktor yang membuat penyaji ingin mengambil tugas akhir dengan menyajikan tarompet dalam iringan pencak silat. Secara garis besar ada dua faktor yang melatarbelakangi penyaji untuk membawakan tugas akhir tarompet dalam ...
    24 Februari 2017 / Dikdik Pebriansyah /   RB 2016 PEB
  • TILU GAYA TEPAK KENDANG JAIPONGAN PENYAJIAN KENDANG DALAM JAIPONGAN
    Penyajian kendang dalam genre Jaipongan yang berjudul “Tilu Gaya Tepak Kendang Jaipongan” akhirnya menjadi pilihan penyaji sebagai bahan sumber garap materi untuk ujian Tugas Akhir (TA). Materi yang berjudul “Tilu Gaya Tepak Kendang Jaipongan” dipilih karena adanya kecocokan dengan karakteristik dan gaya penyaji . Hal penting lainnya adalah untuk menyajikan jaipongan ...
    24 Februari 2017 / Deriyana Rahayu /   RB 2016 RAH
  • KACAPI PAMIRIG HURIP PENYAJIAN KACAPI DALAM TEMBANG SUNDA CIANJURAN
    Kacapi Pamirig Hurip berarti Kacapi yang mengiringi kehidupan sehat secara lahir dan batin. Dalam penyajian ini akan lebih bersifat konvensional karena membawakan lagu ‐ lagu Tembang Sunda Cianjuran secara utuh. Dalam sajian ini kacapi indung berperan sebagai pemimpin dalam pertunjukan kacapi Tembang Sunda Cianjuran dengan berbagai laras yakni laras Pelog, laras ...
    24 Februari 2017 / Demas Hendiyana Nurohman /   RB 2016 NUR
  • NYINGRAYKEUN SAJATINING LALANGSE PENYAJIAN KACAPI DALAM KAWIH WANDA ANYAR
    Kawih Wanda Anyar merupakan salah satu jenis kesenian yang ada di Jawa Barat yang di dalamnya terdapat waditra (alat musik) kacapi sebagai instrumen pengiring utamanya. Dalam sajian Resital yang berjudul “Nyingraykeun Sajatining Lalangse” ini penyaji memainkan kacapi dengan pola iringan seperti biasanya. Tidak ada pola iringan yang dirubah seutuhnya, hanya ...
    24 Februari 2017 / Dani Erlangga /   RB 2016 ERL
  • KULU-KULU BEM DALAM VERSI KEPESINDÉNAN DAN PANAMBIH TEMBANG SUNDA CIANJURAN
    Skripsi ini berjudul KULU-KULU BEM DALAM VERSI KEPESINDÉNAN DAN PANAMBIH TEMBANG SUNDA CIANJURAN merupakan sebuah deskripsi yang mengarah kepada pembahasan lagu (kulu-kulu bem) yang telah diadaptasi (dari kepesindénan) ke dalam panambih tembang Sunda Cianjuran. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif yang bersifat analitis dan komparatif, namun tidak ...
    23 Februari 2017 / Cefi Sutarya /   RB 2016 SUT