• TOKOH MINKE DALAM NASKAH NYAI ONTOSOROH ADAPTASI ROMAN BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER OLEH FAIZA MARDZOEKI
    Bagi penulis berkesenian adalah jalan menuju keridho-an Allah. Di sepanjang perjalanan, penulis menemukan kawan. Di setiap perhentian, penulis mengevaluasi diri. Dan di setiap perjumpaan, penulis belajar tentang menghargai perbedaan. Teater adalah cerminan bagi kehidupan atas sebuah realitas yang ada. Aktor adalah Media utamanya. Tubuhnya seperti bunglon, harus dapat berubah karakter ...
    22 Februari 2017 / Zaenal Ahmad Kurniawan /   RC 2016 KUR
  • TOKOH GUSTI BIANG NASKAH BILA MALAM BERTAMBAH MALAM KARYA PUTU WIJAYA

    22 Februari 2017 / Yuli Supriyani /   RC 2016 SUP
  • TOKOH MADAME YVONNE NASKAH LABYRINTH KARYA DAVID GUERDON TERJEMAHAN BASOEKI RACHMAT
    Sandiwara ini ditulis oleh David Guerdon pada tahun 1962 dan jelas sekali membawakan ciri‐ciri teater Eropa tahun‐tahun 1960‐an. Jika sebelum itu panggungpanggung sandiwara di Eropa (dan Amerika) didominir oleh penulis‐penulis sandiwara absurd, maka pada tahun enam puluhan berkembanglah apa yang disebut “theatre of the disengaged men”. Tema‐tema ...
    22 Februari 2017 / Yahani Yolandari /   RC 2016 YOL
  • TOKOH NYAI ONTOSOROH DALAM NASKAH NYAI ONTOSOROH ADAPTASI ROMAN BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER OLEH FAIZA MARDZOEKI
    Seniperan adalah seni kehidupan yang dimana selalu mengajarkan tentang makna dari kehidupan. Hal‐hal sederhana dapat mendukung terciptanya seni peran Menjadi seorang actor bukanlah hal yang mudah. Naskah merupakan salah satu acuan untuk berperan. Melalui naskah, pikiran pengarang tersampaikan kepada penonton. Naskah Nyai Ontosoroh mengajarkan tentang arti perjuangan, Hak Asasi ...
    22 Februari 2017 / Tiara Anjani /   RC 2016 ANJ
  • MANAJEMEN KELOMPOK ORGANISASI TEATER TANAH AIR SKRIPSI

    22 Februari 2017 / TATA W RADCLIFFE /   RC 2016 RAD
  • TOKOH HARTATI NASKAH TITIK‐TITIK HITAM KARYA NASYAH DJAMIN
    Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui konflik, peristiwa yang terdapat dalam naskah “Titik‐titik Hitam” karya Nasyah Djamin secara detail. Selain itu, bertujuan untuk mengetahui mengenai biografi pengarang naskah, awal mula dibuatnya naskah “Titik‐titik Hitam”. Dalam penulisan skripsi pemeranan ini dijelaskan mengenai peran tokoh Hartati, tokoh yang diperankan oleh ...
    22 Februari 2017 / Mutia Rahmah Hayati /   RC 2016 HAY
  • TOKOH RAHAYU NASKAH TITIK – TITIK HITAM KARYA NASYAH DJAMIN
    Tulisan ini berisi tentang tokoh Rahayu. Penulis disini berperan sebagai pemeran tokoh Rahayu dan mempertanggungjawabkan tokoh Rahayu kedalam sebuah bentuk tulisan. Adapun beberapa hal yang penulis cantumkan di tulisan ini seperti tafsir terhadap tokoh, tafsir terhadap lakon. Rahayu adalah seorang perempuan yang sangat menjunjung tinggi kemerdekaan dan kebebasan dalam hidupnya, ...
    22 Februari 2017 / Tiara Gerbang Puri /   RC 2016 PUR
  • TOKOH LISWATI NASKAH MAINAN GELAS KARYA TENNESSEE WILLIAMS SADURAN SUYATNA ANIRUN

    22 Februari 2017 / Irni Suhanti /   RC 2016 SUH
  • TOKOH DR. GUN NASKAH TITIK TITIK HITAM KARYA NASYAH DJAMIN
    Penulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran besar, pemetaan, panduan, juga pedomanuntuk proses penggarapan pemeranan secaraumum atau Dr. Gun secara khusus. Melalui beberapa riset dan juga metode lain yang digunakan penulis dalam pengembangan peran yang dilakukan. Metode yang dirasa paling ampuh dalam proses berlatih adalah, observasi dan try and error. Latarbelakang ...
    22 Februari 2017 / Rivan Mandala Putra /   RC 2016 PUT
  • TOKOH ARINI NASKAH MAINAN GELAS KARYA TENNESSEE WILLIAMS SADURAN SUYATNA ANIRUN
    Teater merupakan suatu media penyucian diri bagi jiwa-jiwa yang penuh dengan ilusi. Dari panggung kita bisa melihat potret dari berbagai kehidupan setiap manusia melalui Acting dari para Aktor. Pada zaman kini, ada banyak sekali keluarga yang mengalami kesulitan ekonomi akibat krisis ekonomi global. Mereka tidak saling memahami dan mengerti satu ...
    22 Februari 2017 / Liska Diana /   RC 2016 DIA
  • TOKOH ANNELIES MELLEMA NASKAH NYAI ONTOSOROH ADAPTASI ROMAN BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER OLEH FAIZA MARDZOEKI
    Dalamkehidupansosialsering terjadinya penindasan dan kerap menimbulkan kerugian pada pihak yang lemah, terutama perempuan. Perempuan sering diobyektifikasi hanya menjadi sebuah barang yang dapat diperlakukan sesuka pemilik barang. Kedudukan kaum perempuan berada pada posisi setingkat lebih rendah dibawah kaum lelaki. Hal ini menimbulkan gerakan feminisme, gerakan wanita yang menuntut persamaan hak sepenuhnya ...
    22 Februari 2017 / Ghita Rahmalaila /   RC 2016 RAH
  • STRUKTUR DAN UNSUR PERTUNJUKAN LENONG DENES GRUP JALI PUTRA DALAM LAKON ZAKA FITENAH
    Kesenian sandiwara Betawi salah satunya adalah Lenong Denes. Lenong Denes bisa juga disebut sebagai Lenong Kerajaan. Cerita yang dibawakan merupakan hikayat, seribu satu malam, dan cerita lakon pewayangan. Tata bahasa yang digunakan adalah sastra Melayu Klasik. Penelitian ini mengulas perkembangan Lenong Denes di Betawi dan mengangkat tentang Struktur dan Unsur ...
    22 Februari 2017 / RENI RESTU SAFA’AT /   RC 2016 SAF
  • PENATAAN ARTISTIK NASKAH LABYRINTH KARYA DAVID GUERDON TERJEMAHAN BASOEKI RACHMAT

    22 Februari 2017 / Maudi Buana Putra /   RC 2016 PUT
  • PETUALANGAN AHIMSA DI NEGERI SARANJANA
    Skripsi Penulisan Lakon ini dibuat berdasarkan realita yang ada di masyarakat. Skripsi Penulisan Lakon ini mengungkap kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh faktor manusia. Setelah melakukan berbagai observasi maka dibuatlah naskah Petualangan Ahimsa di Negeri Saranjana. Naskah ini merupakan naskah Drama Musikal yang dibuat berdasarkan keprihatinan akan lingkungan sekarang ini. Naskah ...
    21 Februari 2017 / Irham Hermadi /   RC 2016 HER
  • PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA BENGKEL KREASI SENI TEKNIK (BKST) Fakultas Teknik Universitas Indonesia

    21 Februari 2017 / DELLIA AZIZAH /   RC 2016 AZI
  • TOKOH VASILLI SVIETLOVIDOFF NASKAH NYANYIAN ANGSA Karya Anton P. Checkov
    Penulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran besar, pemetaan, panduan, juga pedoman untuk proses penggarapan pemeranan secara umum, serta Vasilli Svietlovidoff secara khusus. Dalam hal ini pemetaan prinsip atau metode pemeranan lebih ditekankan kepada teknik persiapan dan pembentukan aktor ‘tanah liat’ dari Suyatna Anirun. Adapun elemen‐elemen penting dari persiapan seorang ...
    21 Februari 2017 / Azhar Darajat Ulya /   RC 2016 AZH
  • TOKOH NYONYA MARTOPO NASKAH ORANG KASAR KARYA ANTON CHEKOV SADURAN WS RENDRA

    21 Februari 2017 / Anesa Riahta Carolina /   RC 2016 ANE
  • RELIGIUSITAS ISLAM DALAM NASKAH WAYANG AJEN
    Penelitian ini merupakan tinjauan yang menitik beratkan pada kreativitas Wayang Ajen dalam penulisan naskahnya yang mengimplementasikan nilai‐nilai religiusitas Islam sebagai pesan moral cerita. Jadi, tidak bermaksud mencari makna dari sisi religiusitas yang ada dalam naskah, tetapi mencari sisi religiusitas yang diposisikan sebagai pesan. Naskah yang dipilih ialah Mustika Cupumanik ...
    21 Februari 2017 / Almaieda /   RC 2016 ALM
  • TOKOH IBU NASKAH TITIK TITIK HITAM KARYA NASYAH DJAMIN
    Dalam skripsi Titik‐Titik Hitam ini, Penulis mempertegas peran lewat konsep dan teori yang disusun, didamnya tersusun dari tujuan, fungsi penulisan, dan konsep pemeranannya secara utuh, beserta catatan proses dan lampiran‐lampiran yang didalamnya, seperti catatan proses, Foto pertunjukan, beserta biodata penulis. Konsep penulisan ini sebagai pertanggungjawaban konsep dan teori ...
    21 Februari 2017 / Ai Ineu /   RC 2016 AI
  • PENATAAN ARTISTIK NASKAH SANDEK PEMUDA PEKERJA KARYA ARIFIN C NOER
    Setiap karya drama seyogyanya adalah sebuah kumpulan teks yang masih harus disempurnakan dalam bentuk visual (seni pertunjukan) atau yang kita kenal dengan istilah seni teater. Melalui visualisasi inilah nilai‐nilai yang terkandung dalam subuah karya drama ditransformasikan kepada publik. Dengan haharapan, sebuah pertunjukan teater dapat menjadi sebuah refleksi atau cermin ...
    21 Februari 2017 / ADITIANA /   RC 2016 ADI